MATA KULIAH : Sejarah Pendidikan Islam
PROGRAM : Strata Satu (S1)
KODE MATA KULIAH : TAR-113
KOMPONEN : MKK
SEMESTER : I (satu)
BOBOT SKS : 2 SKS
STANDAR KOMPETENSI : Mahasiswa Memahami konsep dasar pendidikan dalam sumber-sumber ajaran Islam perspektif historis, sehingga mampu mengimplementasikannya
Kompetensi Dasar Materi Pokok
1.Memahami konsep dasar pendidikan dalam sumber-sumber ajaran Islam.
2.Memahami secara konprehensip tentang pendidikan Islamperspektif historis.
3.Memahami dan mendalami sejarah kejayaan pendidikan (intelektualisme) dalam Islam.
4.Memahami sejarah kemunduran intelektualisme (pendidikan) Islam.
5.Memahami gerakan pembaharuan dan modernisasi pendidikan Islam.
6.Mengerti dan memahami konsep pengembangan pendidikan Islamke depan.
Materi Pokok dan Uraian Materi Pokok
1.Islam dan pendidikan
Pesan-pesan pendidikan Islamdalam Al-Qur’an
Pesan-pesan pendidikan Islamdalam Al-Hadist
Hakikat pendidikan Islam.
2.Pendidikan Islam perspektif historis
Pendidikan Islam masa Nabi SAW
Pendidikan Islam masa Khulafaurrasidin
Pendidikan Islam masa Umayyah
Pendidikan Islam masa Abbasiyah
3.Kejayaan intelektualisme Islam
Lembaga-lembaga pendidikan Islam
Kurikulum dan metode
Kehidupan guru dan murid
Patronase penguasa
Pendidikanperempuan
Disiplin-disiplin keilmuan dan pengembangannya
4.Kemunduran intelektualisme Islam
Faktor-faktor kemunduran intektualisme Islam
Profil pendidikan Islammasa kemunduran
Disiplin keilmuan yang berkembang.
5.Modernisasi pendidikan Islam
LB lahirnya gerakan pembaharuan dan modernisasi pendidikan Islam.
Aspek-aspek dan usaha-usaha modernisasi pendidikan Islam.
Evaluasi terhadap pembaharuan danmodernisasi pendidikan Islam.
6.Pengembangan pendidikan Islamke depan.
Evaluasi terhadap sistem pendidikan Islam.
Pendidikan Islamdalam kontek Indonesia.
Sasaran perbaikan pendidikan Islam ke depan.
No comments:
Post a Comment